Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip Dasar Yang Harus Dimiliki Seorang Wartawan

Foto : tim

SUARASATUNEWS.ID, Lumajang - Hal penting yang harus dimiliki wartawan dipaparkan oleh Yakub Mulyono, pemateri pelatihan jurnalistik dasar yang diadakan oleh PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kabupaten Lumajang, Rabu (20/12/2023).

Diawali dengan perencanaan giat liputan. Sebut dia seorang wartawan diharap memiliki pemikiran untuk membuat berita, bukan mencari berita.

Kemudian lanjut diutarakan, penulisan haruslah sesuai fakta. ''Ada tiga fakta. Diantaranya fakta opini, fakta dokumen dan fakta lapangan," ucap Yakub.

"Memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Selalu kroscek kebenaran. Tidak mengutip dari satu sumber saja," imbuhnya.

Selain itu, pria yang juga merupakan wartawan media online detik.com itu mendorong wartawan harus kritis, sabar dan tidak mudah terbawa perasaan.

5W 1H tak luput jadi landasan. Jelas dia, berita harus tersaji lengkap tentang apa, dimana, siapa, bagaimana, kapan, mengapa. "Penyajian menarik pembaca serta tidak membingungkan," kata Yakub.

Disisi lain perihal teknis panduan penulisan, disampaikan salahsatunya harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami. "SOP (Subyek, Obyek, Predikat). Jelas, juga menjadi tugas wartawan untuk mensosialisasikan bahasa pada pembaca. Pergunakan bahasa yang mudah dimengerti. Bahasa baku yang sudah ditetapkan di KBBI," ungkapnya.

Ulasan gamblang disampaikan lugas. Diharapkan bisa merubah pola pikir dan meningkatkan kualitas tulisan yang disajikan dalam berita, hasil seorang wartawan.

"Jangan sampai berita itu hanya menang di judul, sementara isinya sebaliknya. Yang terakhir, posisikan setelah menulis, baca lagi sebelum kirim redaktur," pungkasnya. (tim).