Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerja Bakti Skala Besar TNI Polri dan Masyarakat Berjibaku Bersihkan Saluran Air

Foto : tim

SUARASATUNEWS.ID, Lumajang - Personel TNI Koramil 0821/05 Klakah Lumajang, menggelar kerja bakti skala besar melibatkan jajaran forkopimcam, lintas sektoral, pelajar dan masyarakat, di sepanjang aliran saluran air masuk Desa Ranupakis Kecamatan Klakah Lumajang, Jum'at (8/12/2023).

Kegiatan digagas guna meminimalisasi dampak dari genangan air, mengingat waktu sudah memasuki musim penghujan.

Camat Klakah Arief Mashudi mengapresiasi kegiatan, menurutnya tepat lantaran lokasi kegiatan, rentan terjadi genangan air bahkan terkadang menyebabkan banjir (luberan) ke jalan raya.

"Tentu itu sangat menggangu, dan kegiatan ini sangat tepat sekali. Harapannya, pasca kegiatan ini, keluhan - keluhan masyarakat berkaitan dengan genangan air akan terjawab, kejadian serupa tidak terjadi lagi," ucapnya.

Disisi lain, Camat berharap masyarakat akan tergugah. Kata dia, minimal saluran air yang tepat ada di depan rumahnya. 

"Harapannya akan tergugah dan terinsipirasi, saluran air yang di depan rumahnya, rutin dibersihkan dan tak dijadikan tempat untuk buang sampah. Kalau semua masyarakat begitu, tentu secara keseluruhan akan terawat dan masyarakat itu sendiri yang akan menuai manfaatnya," imbuhnya.

Diwaktu yang sama, Danramil Klakah Lettu Inf Poniran menegaskan, selain untuk menjadikan lingkungan asri, kegiatan dilakukan untuk menguatkan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat. 

"Juga sinergitas dengan Polri dan semua pihak di wilayah," ucapnya.

"Kegiatan Karya Bhakti ini merupakan perintah dan Instruksi KASAD, agar seluruh Kodim di seluruh Indonesia untuk melaksanakan kegiatan karya bakti secara serentak yaitu penanaman pohon, pembersihan sampah di pasar dan pembersihan di sungai /aliran sungai, seperti halnya yang kita lakukan saat ini," imbuhnya.

Lettu Poniran mengucapkan banyak terima kasih atas sinergitas TNI Polri bersama rakyat dan Instansi terkait, didalam membantu kegiatan tersebut, tanpa pamrih.

"Semoga kegiatan yang penuh dengan nilai kegotong royongan ini dapat meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat khususnya di wilayah Koramil Klakah," tukasnya.

Pelajar, Banser dan Timkes juga dilibatkan. Hal tersebut diharapkan oleh Lettu Poniran akan menjadi motivator kebersihan.

Selebihnya Kapolsek Klakah Iptu Khoirin Hariyanto menegaskan, jika pihaknya akan terus terlibat dalam rangka menciptakan wilayah nyaman.

"Anggota Polsek Klakah, saat ini kami kerahkan untuk bersama - sama andil dalam kegiatan, begitu pula saya (Kapolsek -red). Artinya, kebersamaan ini tidak membedakan satu dengan yang lain. Untuk kebaikan masyarakat, kami siap dan tegas akan berkomitmen menjadi garda terdepan, selalu pihak yang berkewenangan dan memiliki kewajiban menjaga kemanan serta kenyamanan masyarakat," ucapnya. (sR).