Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Respon Cepat Polsek Klakah, Kembalikan Gadis Belia Usia Tujuh Tahun Ke pangkuan Orang Tuanya

Foto : foto bersama pasca serah terima sang anak

SUARASATUNEWS.ID, Lumajang - Sempat viral di beranda pesan berantai WhatsApp, seorang anak perempuan ditemukan sendirian, di Jalan Saunah Desa Klakah Kecamatan Klakah Lumajang, Selasa (2/4/2023).

Senda pengumuman, kabar itupun menyebar. Hingga pada akhirnya, di respon oleh Keponakan Sektor Klakah dan ditindaklanjuti ke tempat atau keberadaan sanga anak tersebut.

Informasi dihimpun dari pihak kepolisian, anak perempuan tersebut diketahui berasal dari Desa Tegalrandu Kecamatan Klakah.

Kapolsek Klakah Iptu Khoirin berkata, saat ini anak tersebut sudah aman dan kembali ke keluarganya seperti semula. Ditanya kronologi, hasil konfirmasi pihak yang berkaitan, Iptu Khoirin menerangkan jika peristiwa itu bermula, sang anak pergi tanpa pamit, hingga terakhir ditemukan, anak tersebut bingung ketika hendak kembali pulang.

"Pagi tadi, kami memperoleh informasi dari warga via telp, telah diketemukan anak kecil di pinggir jalan, tepatnya di Jalan Saunah ikut Desa Klakah. Lalu anggota merespon cepat, lekas datang ke lokasi tempat sang anak ditemukan. Setelah itu kami bawa anak tersebut ke Mapolsek," ucap Iptu Khoirin.

Foto : petugas menghibur sang anak

Beberapa saat didata, petugas mencari akses agar bisa terhubung dengan keluarganya. Termsu dengan Pemdes tempat tinggal anak, hingga lembaga pendidikan tempat anak tersebut bersekolah, tak luput jadi salah pihak yang dikonfirmasi.

"Tujuannya, apa? Tidak lain ketika anak ini kami serahkan, bisa dipastikan telah diterima oleh pihak yang betul - betul keluarganya. Usia anak 7 tahun," imbuh Kapolsek.

Pasca dipastikan, serah terima kepada keluarga dilakukan Mapolsek Klakah melibatkan Kepala Desa Tegalrandu, perwakilan sekolah dalam hal ini Ponpes Raudhatul Ulum dan sejumlah pihak yang berkewenangan.

"Syukur Alhamdulillah, kondisi anak baik - baik saja. Indikasi - indikasi lain dalan kejadian ini tidak ada. Murni si anak tersebut bingung tak tahu jalan pulang, sampai akhirnya ditemukan warga dan dilaporkan ke kami," tukas Iptu Khoirin.

Selebihnya perwira polisi berpangkat dua balok kuning emas itu mengimbau pada orang, agar berhati - hati. Pantau dan awasi anak, guna menghindari terjadinya hal - hal yang tidak diinginkan.

"Kami sampaikan terima kasih pada warga yang sudah turut membantu, sehingga peristiwa tsb bisa kami respon cepat dan kami atasi," pungkasnya.