Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamatan Desa dan Sambut Tahun Baru 2023, Pemdes Tukum Gelar Pengajian Umum

 

Foto : Pemdes Tukum saat kegiatan selamatan desa dan sambut tahun baru 2022

SUARASATUNEWS.ID, Lumajang - Pemerintah Desa Tukum, Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang Jawa Timur, menggelar Pengajian umum dalam rangka selamatan desa dan menyambut tahun baru 2023, Jum'at (30/12/2022).

Di sela Kegiatannya, kepala desa Tukum, Mohamad Yunus, yang berhasil dikonfirmasi Suarasarunews, menyampaikan, bahwa acara tersebut bukan hanya ini kali di adakan, Namun di setiap tahun. "Alhamdulillah, di setiap tahun desa Tukum selalu mengadakan selamatan desa. Dan dalam setiap kegiatan, selalu ada acara khoul.auliya, yang ditujukan kepada para pemimpin desa yang sudah almarhum. Tak ada maksud lain, selain untuk kirim doa, agar desa tukum menjadi desa yang bersinar serta bermanfaat bagi warga Tukum," kata orang nomor satu di desa Tukum ini.

Dalam masa jabatan yang genap 5 tahun, Kades Yunus menyampaikan permohonan maaf, bilamana masih ada kekurangan atau kesalahan dalam tutur kata atau dalam melayani masyarakat. "Mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena, sebagai manusia tak akan luput dari yang namanya salah", ucapnya.

Selain itu, Mohamad Yunus juga memohon barokah doa restu kepada semua warga masyarakat Tukum, bahwa pada tahun 2023, akan pilkades. Dirinya berpesan, agar jangan sampai ada perpecahan. "Beda pilihan wajar, namun tidak harus bermusuhan. Kerena Pilkades ini urusan hati. Pilih sesuai dengan hati nurani jenengan. Namun yang jelas, yang bisa memberikan manfaat untuk masyarakat secara keseluruhan", jelasnya.

Desa tukum selama 2 tahun, kata Yunus, berturut turut mendapat predikat, yaitu pada tahun 2020, dan pada tahun 2022, desa Tukum telah menjadi desa mandiri. "Desa Tukum adalah salah satu di kecamatan Tekung yang menjadi desa mandiri", katanya.

Saat disinggung apakah masih ada minat untuk melanjutkan. "Alhamdulillah, saya akan melanjutkan untuk periode ke dua," pungkasnya.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan penceramah, Gus Mamak. Dalam ceramahnya, Gus Mamak menyampaikan, dalam hal memilih pemimpin itu, harus memilih orang yang senang dengan sholawat dan dekat dengan para ulama, biar kelak bersama sama di surga dengan nabi Muhammad.

"Kades Yunus senang dengan ulama dan sholawat, monggo untuk dilanjutkan, agar membawa desa tukum lebih baik dan berakhlak mulia," tutup Gus Mamak. (Tim/Yadi).