Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usung Tema 'Pembangunan Nusantara' Dinas PU - TR Lumajang Motivasi Semangat Cepat Pulih dan Bangkit Lebih Kuat

Foto : tim


SUARASATUNEWS.ID, Lumajang - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ( DPU - TR ) Kabupaten Lumajang Jawa Timur, andil dalam pelaksanaan pawai karnaval kategori umum, Rabu kemarin.

Melalui tampilan kreasi tari seni bertemakan 'Pembangunan Nusantara' kelompok yang terdiri dari sebagian besar para ASN itu, menggambarkan semangat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Subowo, Humas DPU TR Kabupaten Lumajang menjelaskan, tema yang diusung merupakan gambaran dari semangat pembangunan yang merata. Senada mendorong perekonomian seyogyanya lebih kuat dari waktu sebelumnya.

"Dalam tarian tersebut, menggambarkan semangat untuk terus mengahadapi kehidupan, setelah lama kita berada dalam masa pandemi, namun mampu kembali pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Tentunya disemua hal, baik itu perekonomian maupun pembangunan yang merata dan saling berkaitan," kata Subowo, Kamis (1/9/2022).

Pada barisan yang sama, terpantau alat berat tiruan diangkut, dengan kombinasi aspal hotmix dibawahnya. Senada menunjukkan komitmen dan semangat kerja membangun bangsa.

Terpisah diwaktu yang sama, Wakil Bupati Lumajang Indah Ampera Wati menuturkan, even yang diselenggarakan merupakan salah satu perwujudan menggugah, terhadap pemulihan keadaan, pasca pandemi yang melanda sekian tahun lamanya.

"Selama ini kita berfikir keras memulihkan ekonomi rakyat kecil, seperti pedagang. Perayaan kali ini sangat meriah, Harjalu nanti pasti lebih meriah lagi," ucapnya.

Selebihnya dikatakan jika terlaksananya even saat itu, merupakan tuntutan dari masyarakat. Sebab, sekira 2 tahun lamanya, keramaian dilarang dampak pandemi Covid - 19.

Imbuhhya, merupakan impian masyarakat yang selama ini membutuhkan hiburan.

Sebagai informasi, dihari yang sama pawai karnaval diikuti oleh peserta pelajar mulai tingkat, TK dan SD berbeda hari, kemudian SMP, SMA / SMA serta umum.

Tiga tampilan yang diperagakan Dinas PU TR diantaranya melihat Inovasi :

1. Inovasi Program NGAPLING (Ngaspal Keliling) oleh bidang Bina Marga dengan Call Center 081-133-964-45, siap Hadir bagi yang sangat membutuhkan. 

2.  Inovasi Program INCAR ( Irigasi Lancar) oleh Bidang Sumber Daya Air. 

3. Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) merupakan simbol dari Bidang Tata Ruang. (tim/her).