Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menengok Suasana Hari Raya Idul Qurban di Pondok Pesantren Khomsani Nur Klanting

Foto : tim

SUARASATUNEWS.ID, Lumajang - Suasana hari raya Idul Adha terasa meriah di lingkungan Pondok Pesantren Khomsani Nur Desa Klanting, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang. Yang mana kegiatan ini merupakan rutinitas setiap tahun sekali dan Alhamdulillah bisa Istiqomah pelaksanaannya. 

Mulai Sabtu malam, seluruh santri baik putra maupun putri yang jumlahnya 90 orang melaksanakan kegiatan Takbiran. Hal ini ialah kegiatan untuk menyambut datangnya hari raya qurban yang jatuh pada hari Ahad (10/7/22). 

Keesokan harinya tepatnya pukul 06.10 wib seluruh santri dan ustadz melaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Baitur Rohmah Klanting dengan berjamaah. 

Usai Sholat Idul Adha, barulah pelaksanaan pemotongan hewan qurban sebanyak 17 ekor kambing dimulai. 
Menariknya kambing qurban tersebut berasal dari para donatur berbagai daerah seperti surabaya dan lumajang. Bahkan Kasat Narkoba Polres Lumajang maupun Kapolsek Candipuro pun ikut berqurban di Ponpes Khomsani Nur.

Sesudah penyembelihan, barulah dilaksanakan pembagian daging qurban kepada masyarakat sekitar Pondok. 
Dan lanjut dengan kegiatan makan bersama seluruh santri dan ustadz beserta Pengasuh Pondok. 

Hikmah dari pelaksanaan qurban ialah kita harus mencontoh keteladanan Nabi Ibrohim atas kepatuhannya kepada Allah SWT. Dan juga dengan berqurban merupakan wujud kepedulian untuk selalu berbagi kenikmatan kepada sesama. 

Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah bagi semuanya. Semoga tahun ini lebih baik dan penuh dengan keberkahan dari Allah SWT. Amin. (Atz).