Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komitmen Pemdes Sumberwringin Klakah Bangun Sinergi Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Ket : Foto bersama usai kegiatan

SUARASATUNEWS.ID, Lumajang - Pemerintah Desa Sumberwringin Kecamatan Klakah Lumajang, terus membuka ruang sinergitas selebar - lebarnya, dalam rangka merawat ketertiban serta meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

Nampak Kapolsek Klakah AKP Khoirin Hariyanto didampingi anggota, bersama jajaran forkopimka setempat, tengah menghadiri kegiatan 'Rembuk Nyekrup' pada, Rabu siang.

Rembuk nyekrup merupakan kolaborasi dan sinergi P4S dengan Politehnik Jember, Universitas Negeri Jember(UNEJ) dan UNILU Lumajang, bersama OPD Kabupaten Lumajang, dalam rangka membangun desa maju, mandiri, modern termasuk di Kecamatan Klakah.

Kata AKP Khoirin, kegiatan turut melibatkan masyarakat, khususkan pemilik ternak dan lahan pertanian, saat itu diberikan bimbingan oleh pihak berkompeten di bidangnya.

"Kegiatan ini bekerjasama dengan Unej, Politeknik Jember beserta Dinas pertanian dan Dinas Peternakan Kabupaten Lumajang, memberi materi dan membimbing tentang cara berternak yang efektif," kata AKP Khoirin.

Lebih lanjut disampaikan, diwaktu yang sama tim juga memberi praktek dalam rangka upaya untuk mengembangkan dan mengelola kotoran ternak menjadi pupuk organik. 

"Kegiatan ini kami afiliasikan dengan program polri. Berupa keterlibatan kami (Polri) didalamnya. Selain mendukung yang mana dasarnya program pemerintah, juga kami sempatkan untuk sedianya masyarakat, menerima arahan bagaimana meminimalisir tindak kriminal berupa pencurian hewan ternak," imbuhnya.

Salah seorang warga bernama Napi mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, nyata menambah wawasan dan pengetahuan.

"Sangat bagus sekali. Tentu apa yang kami terima dari para pembimbing akan kami terapkan. Terimakasih kami sampaikan pada pemerintah, pemateri dan Danramil juga Kapolsek atas pendampingan dan tambahan masukannya, kami harapkan kegiatan ini dilakukan rutin," ucap Napi.

Senada, Camat Klakah Arief Mashudi mengapresiasi dan mengimbau warganya agar terus membuka ruang komunikasi.

"Pemerintah akan terus hadir melalui program - programnya, pada warga saya harap terus aktif berkomunikasi dengan kami. Sampaikan apa yang perlu kita tindaklanjuti pastinya akan kami sikapi betul - betul. Jika perlu kami libatkan pemerintah Kabupaten ataupun stakeholder terkait, tentunya akan secepatnya kami koordinasikan," tukasnya.

"Untuk Kepala Desa, disini merupakan motivator penting, ini sangat saya apresiasi lantaran sudah maksimal menggerakkan warganya," pungkas Camat. (tim).