Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usung Tema Satukan Nusantara, Pelajar 'SKODSA' Semarakkan HUT RI ke 78 di Lumajang

Foto : tarian berjudul 'Mawuyuyi Sakala Dwipantara'

SUARASATUNEWS.ID, Lumajang - Pelajar SMPN (Sekolah Menengah Pelajar Negeri ) 1 Sukodono Lumajang (SKODSA), turut serta menyemarakkan pawai Karnaval dalam rangka HUT RI ke 78 tahun, Kamis (24/8/2023).

Mengusung tema 'Satukan Nusantara' dikemas dengan tarian berjudul 'Mawuyuyi Sakala Dwipantara' puluhan pelajar tergabung dalam grup tarian, mampu memukau masyarakat (penonton).

Kepala Sekolah SMPN 1 Sukodono Edy Purwanto S.Pd M.M berkata, tema sengaja diusung sebagai bentuk pengenalan sejarah yang menurutnya tak boleh dilupakan. Gerakan demi gerakan, menceritakan awal berdirinya kerajaan Majapahit dan dikukuhkannya Raden Wijaya sebagai Raja yang pertama.

"Ini merupakan wujun peran serta kami (SMPN 1 Sukodono/SKODSA) dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 78 tahun. Perpaduan ini, merupakan kesepakatan antara guru dan pelajar berkolaborasi dengan guru pembina, kemudian dikemas menjadi tampilan yang sarat menggambar sejarah," kata Edy, pada suarasatunews.id.

Tegas Edy, yang terpenting adalah bagaimana kita mengajarkan pada anak didik, untuk tidak lupa sejarah dan mengimplementasikan semangat dalam berjuang dan menjaga persatuan saat ini dan di masa yang akan datang.

Terimakasih disampaikan pada segenap dewan guru, para wali murid serta guru pembina/pelatih, yang menurutnya sangat kompak, sehingga kegiatan terlaksana dengan semprotan.

"Komitmen kami (SKODSA -red) akan terus ada mengenalkan prestasi dan semangat anak didik dalam momen mengisi kemerdekaan. Kami akan terus berusaha, secara tidak langsung, hal ini akan mengutamakan soliditas dan kepribadian anak didik yang notabenenya merupakan generasi bangsa," imbuhnya. (tim).

Informasi : Kegiatan diikuti oleh pelajar setingkat, dari seluruh Kabupaten Lumajang.